cara mengingat

Cara Mengingat Materi Pelajaran dengan Cepat dan Efektif

Cara mengingat – Bagaimana kita mengoptimalkan daya ingat? Setiap orang berpotensi dapat mengingat dengan baik. Tak terkecuali Anda. Apalagi seorang mahasiswa, tentu mengingat informasi materi sangat lah urgent. Terutama di saat-saat ujian.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui informasi seperti apa yang dapat diingat dengan baik, serta kapan daya ingat kita muncul.

Pernahkah anda berpikir, saat usai membaca sebuah buku, apakah gagasan-gagasan di dalamnya Anda ingat dengan baik? Benarkah Anda mengingat semua? Dapatkah menjabarkan informasi di dalamnya dengan sempurna? Belum tentu, bukan?

Namun di sisi lain, mengapa Anda dapat menjelaskan semua aktivitas pribadi secara runtut. Mulai dari bangun tidur,  kegiatan yang dilakukan tadi pagi, siang dan sore. Semua dapat anda utarakan dengan lengkap.

Atas ilustrasi di atas, timbul suatu pertanyaan, mengapa dalam hal-hal tertentu kita dapat mengingat dengan baik? Sedang dalam aspek lain, justru cukup sulit?

“Always give without remembering and always receive without forgetting.”
― Brian Tracy

Stimulus Daya Ingat

Sebelum mempelajari trik / cara mengingat, perlu diketahui, Ada beberapa alasan mengapa kita dapat mengingat informasi.

Kenali stimulus-stimulus daya ingat manusia. Semuanya saya rangkum dalam uraian berikut:

1. Pengalaman indrawi

Peristiwa yang melibatkan penglihatan, sentuhan, bunyi, atau gerakan tubuh pada umumnya sangat jelas hadir di memori kita. Anda dapat memaparkan semua kegiatan yang telah dilewati karena Anda sendiri yang melakukannya.

Saat menulis artikel ini, saya ingat beberapa malam sebelumnya makan nasi goreng di trotoar.

2. Suatu yang menonjol

Saat makan di warung pinggir jalanan, kita melihat banyak sekali orang yang berlalu lalang. Jika ditanya, kita belum tentu dapat mengingat bagaimana rupa mereka satu persatu.

Namun saat ada seseorang yang lewat dengan penampilan nyentrik, lucu, unik, dan sangat menarik perhatian, Anda justru ingat bagaimana wajahnya.

3. Absurd

Kita cenderung mengingat hal yang vulgar, warna-warni dan imajinatif. Teman-teman saya dapat mengingat arti kata cabul seperti “fuck, shit”, meski hanya sekali diulas di kelas.

Padahal sebelumnya banyak materi pelajaran yang disampaikan kepada mereka. Faktanya, kata-kata tersebut yang paling mudah diingat.

4. Ketergantungan

Jika hidup anda bergantung pada suatu obat, umumnya obat tersebut dapat diingat dengan baik. Meski hanya sekali anda lihat. Padahal sebelumnya berbagai macam obat telah ditawarkan kepada anda.

5. Keutamaan

Kita cenderung dapat mengingat hal-hal yang memiliki arti khusus dalam hidup kita. Pakaian yang dulu diberikan oleh kekasih saya masih terngiang di memori. Saya dapat menyebutkan bagaimana ia memberikan, kapan, warnanya apa, dan bahkan bagaimana pakaiannya.

6. Pengulangan

Saya mempunyai teman yang selalu dapat nilai rendah. Setiap kali latihan di kelas, selalu dapat C.

Setelah ke empat atau kelima kali mempelajari materi yang sama, di ujian akhir, dia justru mendapat nilai A.

Karena saking seringnya mempelajari materi yang sama, akhirnya pelajaran itu masuk ke memorinya dengan melakukan pengulangan.

7. Hal pertama dan terakhir

Dalam belajar, di kelas, atau bahkan dalam sebuah pertemuan, saat-saat terbaik mengingat informasi adalah saat pertama atau terakhir informasi itu Anda terima.

[su_note note_color=”#e6fcfb” text_color=”#212119″ radius=”2″]Baca juga:

[/su_note]

Cara mengingat

Setiap orang memiliki kapasitas memori yang tak terbatas. Penyimpanan informasi bukanlah masalah, karena otak kita dapat menampung semua.

Orang yang mengingat detail tentang tanggal, nama, spesifikasi, dan kita menganggapnya cerdas. Orang yang terus-menerus meminta maaf karena sulit mengingat, kita menganggap orang itu kurang cerdas.

Jika Anda memiliki dorongan untuk mengasah ingatan, Anda beruntung. Dengan usaha, Anda bisa memperbaikinya. Cobalah lima cara mengingat ini untuk meningkatkan kualitas daya ingat Anda:

1. Konversikan kata ke gambar

Kiat penting ini bekerja karena dua alasan: Pertama, kita secara alami mengingat isyarat visual terasa lebih baik daripada kata-kata. Dan kedua, semakin banyak indra yang Anda libatkan dalam mempelajari atau menyimpan sesuatu, akan semakin baik diingat.

Katakanlah Anda harus mengingat pengiriman proposal pada jam 7 malam untuk rapat keesokan harinya. Anda memvisualisasikan proposal Anda — setumpuk kertas — di atas jam alarm yang bertuliskan “jam 7 malam”. Trik di sini adalah membuat gambar tampak hidup. Jadi bayangkan jam ber-alarm, waktu berkedip, alarm berbunyi, dan fokuslah. Jam 7 malam … pengiriman… Faham.

2. Gunakan titik memori

Pikirkan lokasi-lokasi fisik yang sering Anda tempati — mobil, meja, kursi — dan secara mental letakkan proposal Anda dan jam alarm di salah satu tempat itu. 

Dalam pikiran saya, untuk mengingat pengiriman proposal pada jam 7 di atas, saya menaruh proposal dan jam alarm di atas meja yang sering saya gunakan.

Melakukan sesuatu pada ingatan dan menempatkannya secara mental di mana Anda kerap melihatnya sama dengan meletakkan catatan di pintu depan. Sehingga Anda akan melihatnya ketika hendak berangkat kerja di pagi hari.

3. Gunakan metode mnemonik.

Cara mengingat dengan mnemonik tergolong sederhana. Singkatan seperti JABODETABEK dan kalimat seperti Aku Cinta Janda membantu Anda mengingat: JAkarta BOgor DEpok TAngerang BeKasi, dan urutan makanan seperti: Agar-agar, Cucur, Jagung Bakar. 

4. Mengingat daftar nama

Jika Anda ingat nama kenalan baru, Anda menunjukkan bahwa dia penting bagi Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak pernah mengingat nama, Anda mungkin tampak ceroboh.

Sebaiknya luangkan waktu untuk membuat kerangka kerja khusus untuk membantu Anda mengingat nama. Ada 30 nama depan perempuan dan 30 nama depan laki-laki yang mewakili sebagian besar nama yang akan Anda temui di Indonesia.

Jadi buat daftar dan buatlah asosiasi gambar untuk masing-masing nama ini. Nama seperti Susan (asosiasikan ke film Hantu kuntil anak Susana yang menyeramkan) = Kuntil anak. Atau Dedi yang di asosiakan ke mayat (Dead) = mati. Jadi, ketika Anda bertemu seorang yang bernama Susan anda ingat kuntil anak,  dan saat bertemu Dedi, Anda ingat mayat. 

5. mengingat daftar barang

Pertama, buat daftar barang yang ingin anda Ingat. Cobalah seperti ilustrasi berikut:

  1. sepatu
  2. tali
  3. baju
  4. rumah
  5. kayu
  6. pesawat

Untuk mengingat semua kosakata diatas secara berurutan, buatlah sebuah gambaran pada pikiran Anda.

Mula-mula saya pakai SEPATU, lalu sepatunya diikat pakai TALI, kemudian dilempar ke BAJU yang ada di dalam RUMAH KAYU, setelah itu ada PESAWAT jatuh tepat diatas rumah kayu tersebut.

Baca: 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat Berbasis Life Style

Tips meningkatkan kualitas daya ingat

Ingatan merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan kita. Karena ingatan kita merupakan inti dasar pendukung semua aktifitas dalam keseharian kita. Jika kita gambarkan ingatan adalah tubuh kita, tentu tubuh pun membutuhkan latihan rutin agar supaya keadaan dan kondisiinya dengan baik.

Olehkarena itu, selain menggunakan semua cara mengingat di atas, perlu diadakan latihan rutin agar daya ingat kita tetap terjaga dan kecepatan dalam mengingat bertambah, serta latihan khusus untuk meningkatkan daya ingat dalam belajar.

Dalam melakukan aktifitas sehari-hari tenyata juga sangat mempengaruhi daya ingat kita, contohnya saja seperti: tidur, depresi, penyakit tiroid, akohol dan obat-obatan.

Kebanyakan tidur atau terlalu banyak mengistirahatkan otak kita juga tidak bagus, akan tetapi kurang tidur juga ternyata tidak baik. Jadi usahakan tidur yang cukup. Hindari pemakaian obat-obatan yang berlebih serta alkohol karena dapat merusak sistem syaraf yang membantu melancarkan daya ingat anda.

Cobalah cara-cara berikut untuk meningkatkan kualitas daya ingat anda:

1. Olahraga Teratur

Olahraga adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan dapat meningkatkan daya ingat lebih baik lagi.

Olahraga disini tidak harus dengan berlari maraton sebanyak mungkin, bisa juga dengan berolahraga ringan selama 20 menit, namun dilakukan secara rutin.

Misalnya berjalan, bersepeda, gerakan-gerakan tertentu yang dapat mengeluarkan keringat, sehingga peredaran darah dan oksigan ke otak menjadi lancar.

2. Hubungan Sosial & Keluarga

Para ilmuan juga menyebutkan dengan banyak berinteraksi dengan masyarakat dan keluarga akan berdampak positif bagi otak.

Sebagai contoh, selalu berpartisi aktif dalam kegiatan masyarakat, jalin hubungan baik dengan orang lain, hindari rasa dendam, iri, dan menjatuhkan orang lain, karena itu semua bisa menjadi faktor penghambat daya ingat anda.

3. Membuat dan Mengembangkan Hal Baru

Dengan membuat dan mengembangkan sesuatu yang baru tentu akan melatih Anda berfikir, dan memicu kreatifitas.

Misalnya, ibu kita adalah seroang pengusaha industri rumahan “pembuatan keripik singkong”, cobalah buat inovasi baru.

Keripik singkong dengan rasa buah, atau mengubah bentuk keripik singkong yang dulunya bulat menjadi bentuk hati.

Bisa juga mengubah bahan dasar singkong menjadi kue, atau makanan lezat lainnya.

4. Jangan Berhenti Belajar

Rasa malas merupakan hal utama dalam hidup yang harus kita lawan. Karena malas untuk melakukan sesuatu bisa membuat kita lemah berfikir.

Rajin membaca, mempelajari sesuatu yang baru, atau mendapatkan informasi dari internet dan televisi, pastinya aktifitas tersebut akan memberikan dampak positif bagi otak anda sehingga mudah mengingat.

5. Konsumsi makanan yang mendongkrak daya ingat

Para ilmuan sejak zama dahulu juga percaya bahwa makanan dan minuman yang mengandung antioksidan dan banyak vitamin sangat baik sekali untuk sistem saraf dan meningkatkan daya ingat kita.

Makanan-makan tersebut bisa seperti: “Sayuran yang mengandung klorofil seperti, bayam, kubis, selada, brokoli dan kembang kol, buah (*jus buah), segala jenis buah berry (anggur atau anggur kering kismis), buah delima, kacang-kacangan, ikan salmon, sarden, mackerel, dan minyak zaitun serta minyak nabati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *