perubahan belajar

Macam-Macam Perubahan Belajar yang Perlu Anda Ketahui

Secara sederhana, setiap pembelajaran akan mengakibatkan suatu perubahan. Baik perubahan secara perilaku, pengetahuan, dan karakter mental.

Perubahan belajar ini dapat dirasakan secara nyata oleh dirinya. Adapula perubahan tersebut tidak dapat dirasakan oleh dirinya, namun dirasakan oleh orang lain yang melihatnya.

Perubahan Tingkah laku secara sadar

Seseorang yang belajar akan menyadari perubahan sikapnya, dan merasakan perubahan pada dirinya.

Akibat konsistensi belajar, ia menyadari kemampuan yang telah didapat daripada sebelumnya, pengetahuan bertambah, kepercayaan diri meningkat, dan lain sebagainya.

Baca juga:

Perubahan belajar bersifat kontinyu dan fungsional

Perlu diketahui, perubahan dalam diri seseorang bersifat berkesinambungan, berlangsung terus, dan tidak statis.

Satu perubahan yang terjadi menyebabkan perubahan berikutnya. Dan ini berlangsung tanpa batas.

Perubahan-perubahan tersebut senantiasa bertambah, dan terus melaju untuk memperoleh yang lebih baik dari sebelumnya.

Perubahan belajar tidak bersifat sementara

Perubahan yang bersifat temporer hanya terjadi dalam beberapa saat saja. Seperti berkeringat, bersin, menangis, lapar, bosan, dan lain-lain.

Sebaliknya, perubahan belajar akan terjadi secara permanen. Ini berarti bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap.

Misalnya keahlian seseorang dalam memainkan gitar yang didapatkan setelah belajar. Skill ini tidak akan hilang begitu saja.

Perubahan belajar didasari oleh tujuan

Perubahan ini terjadi karena adanya tujuan yang ingin dicapai. Tujuan ini benar-benar disadari.

Misalnya, seseorang yang ingin memiliki keahlian dalam mengetik. Agar dapat mengetik dengan cepat dan tepat, ia mengoptimalkan daya belajarnya. Sehingga setelah mengikuti pembelajaran mengetik, dirinya menjadi ahli dalam bidang tersebut.

Perubahan dapat mencakup banyak aspek

Perubahan belajar dapat mempengaruhi aspek-aspek lain terkait dengan suatu yang dipelajari.

Misalnya seorang belajar mengedarai sepeda. Setiap hari dirinya menghabiskan waktu mengayuh dan mengikuti instruksi pelatih. Dan alhasil dirinya mampu mengendarai sepeda.

Namun perubahan tersebut ternyata diikuti oleh perubahan lain, yaitu dia mangetahu elemen-elemen sepeda, cara memperbaikinya, mengetahui kawasan-kawasan yang dikunjunginya dengan bersepeda, serta mengetahui teknik dan aturan balap sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *